4 Teknologi Otomotif Canggih dan Terbaru

Seperti yang kita semua tahu bahwa seiring waktu berjalan, teknologi di bidang otomotif pun terus berkembang. Selaras juga dengan kebutuhan pasar terhadap teknologi saat ini, lalu direspon dengan inovasi yang tentunya kian mutakhir oleh setiap produsen otomotif di dunia.

Namun, dalam mengembangkan teknologi yang canggih juga memerlukan sebuah proses panjang dan tidak instan. Berikut ini kami rangkum beberapa teknologi otomotif tercanggih yang sedang ditahap pengembangan:

4 Teknologi Otomotif Canggih dan Terbaru
4 Teknologi Otomotif Canggih dan Terbaru
  1. Cloud Computing

Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi cloud computing dan juga sistem pengenal suara saat ini berkembang cukup pesat. Perusahaan Ford merupakan salah satu yang sedang mengembangkan teknologi ini pada produknya.

Ford kini tengah mengembangkan perangkat informasi dalam kendaraan untuk mengetahui kondisi lalu lintas, petunjuk untuk menghindari kemacetan hingga mengetahui jalur lalulintas dengan jelas. Saat ini, Ford juga bekerjasama dengan Apple dalam mengengembangkan fitur pada kokpit yang dapat menghubungkan radar dan laser antara mobil dengan iPhone, yang dinamakan SmartCord Live.

  1. Baterai Hibrida Berukuran Kecil

Persoalan ukuran baterai pada mobil hybrid memang menjadi permasalahan klasik. Namun, Chevy Volt dan juga Nissan Leaf saat ini tengah mengembangkan baterai pengganti baterai lama yang berukuran besar dengan baterai thio-LISICONs atau lithium superionic conductors yang lebih ramping dan ringan.

Sakti3 & Planar Energy adalah nama dari baterai tersebut. Sakti3 diklaim nantinya akan juga berdampak pada ruang dalam mobil hybrid yang lebih lega, namun dengan daya tempuh yang sama.

  1. Mesin Kecil dengan performa Tinggi

Saat ini para produsen otomotif tengah berlomba-lomba dalam menciptakan teknologi mesin yang hemat bahan bakar. Contohnya, Mercedes-Benz , Volvo dan BMW saat ini tengah memperkenalkan mesin empat silinder yang di klaim sangat hemat bahan bakar.

Disisi lain, Ford tengah asik menguji penggunaan mesin berkekuatan 1.000 cc, tiga silinder serta memadukan turbocharger dan juga ‘direct injection’. Ford nampaknya berniat mesin kecil yang hemat bahan bakar namun memiliki kekuatan yang prima. Contoh mobil tersebut seperti yang banyak kita lihat di Indonesia, yaitu Agya, Ayla dan mobil kecil terbaru lainnya.

  1. Pemanfaatan Energi Panas Pembuangan

Sepertiga energy panas dari proses pembakaran mesin mesin membuat energy panas yang dihasilkan tersebut terbuang sia-sia.

Merespon hal tersebut, BMW dan Honda pun saat ini berusaha mengembangkan teknologi untuk memanfaatkan turbin di saluran pembuangan dalam menggerakkan crankshaft, Teknologi tersebut disebut teknologi turbocharger, dan turbocompounding.

Selain itu, BMW juga tengah mengembangkan teknologi yang juga di gunakan NASA dalam pemanasan semikonduktor dari hasil gas buang mesin untuk menghasilkan listrik pada saat akselerasi, yang bermanfaat dalam meregenerasi listrik pada saat pengereman.

Demikianlah beberapa Teknologi Otomotif Canggih dan Terbaru yang kami rangkum pada artikel singkat ini. Semoga bermanfaat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *