Untuk saat ini, banyak konsumen mobil yang tertarik untuk memiliki mobil matic karena tentu saja cara mengoperasikannya yang lebih gampang dibanding mobil manual. Namun, sering terjadi gangguan pada sistem transmisinya yang kadang belum diketahui cara penanganannya. Berikut ini, ada tips perawatan mobil matic mudah yang bisa kamu coba. Semoga bisa memberi pencerahan.

Tips Perawatan Mobil Matic Mudah
Tips Perawatan Mobil Matic Mudah

Ganti Oli Mesin

Mengganti oli pada mesin matic harus selalu diperhatikan selain service. Sering kali mobil dalam performa buruk disebabkan terlambat mengganti oli. Untuk itu, jika kamu ingin berkendara denga mobil matic secara aman dan nyaman maka kamu harus rajin mengganti oli secara berkala serta memilih jenis oli terbaik yang cocok dengan mesin mobil kamu agar bisa semakin maksimal.

Ganti Oli Transmisi

Mobil matic memiliki sistem transimisi otomatis sehingga kamu juga harus rajin mengganti oli transmisinya secara teratur. Seperti yang sudah diketahui bahwa mulai dari jarak minimal 25.000 km hingga jarak maksimal 50.000 km, kamu sudah harus mengganti oli transmisinya. Ingat, jangan sembarangan mengisi oli transmisi. Pakailah oli yang dianjurkan produsen agar tidak merusak mesin.

Cek Kinerja Transmisi

Sebagai pemilik dari mobil matic, kamu bisa kapan saja mengecek kinerja transmisi mobil kamu sendiri. Kamu tinggal menempatkan tuas transmisi pada posisi D atau R, setelah itu kamu bisa melepas rem mobil tanpa menginjak gas. Jika mobil langsung bergerak, maka bisa dipastikan bahwa tidak ada masalah sistem transmisi pada mobil kamu. Kamupun bisa aman dan nyaman mengendarainya.

Service Mobil Berkala

Kamu tentu ingin mobil kamu selalu dalam kondisi yang prima, sehingga aman dan nyaman jika dikendarai dengan jarak tempuh baik yang dekat maupun jauh bukan? Maka, hal terpenting adalah kamu wajib melakukan service mobil secara berkala dan teratur. Mobil matic butuh di update dari sisi performanya sesuai dengan anjuran dari produsen. Lalai dalam hal sercive, maka akan fatal.

Uji Jalan

Rajin – rajinlah dalam melakukan pengujian jalan mobil matic kamu. Selain itu, kamu juga perlu memeriksa apakah persenelingnya dalam keadaan baik atau tidak dengan cara memindahkannya dengan seksama. Jika ada suara aneh yang berisik terdengar saat kamu melakukan perpindahan perseneling dan mobil sedikit terguncang, maka ada masalah pada sistem transmisi pada mobil.

Saat membeli mobi matic untuk pertama kali, kamu harus membaca baik – baik petunjuk perawatannya yang tertulis dalam buku panduan. Selain itu, kamu juga bisa mencari referensi melalui internet atau berkonsultasi dengan mekanik atau ahli otomotif. Nah, itulah tips perawatan mobil metic mudah yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *